Review Singkat Dari Smartphone Unggulan Milik Xiaomi, Seri Redmi Note 5


Screenshot_4.png

Xiaomi Redmi Note 5 merupakan ponsel pertama di Indonesia yang memakai prosesor Qualcomm Snapdragon 636. Kehadirannya di respon baik dan dengan sangat antusias. Permintaan yang sangat banyak daripada penawaran membuatnya menjadi hp ghoib. Harga pasar meroket tinggi. Label ponsel gaib pun diberikan oleh netizen.

Kini Redmi Note 5 mulai gampang dijumpai di pasar dengan harga berbeda tipis daripada harga ritel yang disarankan. Berapa harganya? Harga ritel resmi opsi RAM 3 GB dan ROM 32 GB Rp2,599 juta. Sedangkan varian 4/64 dijual pada harga 3 jutaan saja.

Ponsel ini hadir dengan layar kekinian berasio 18:9 atau full view display. Bentang layarnya 5,99 inci. Resolusinya full HD+ 2.160 x 1.080 piksel. Di bagian atas bodi ponsel berbahan logam itu ada inframerah. Saat digabungkan dengan aplikasi Mi Remote asli, barulah Redmi Note 5 dapat digunakan sebagi pengendali jarak jauh (remote control) televisi, AC, serta beberapa perangkat elektronik jenis lain.

Di bagian bawah ponsel, user akan melihat konektor audio 3,5 milimeter, konektor micro USB, dan speaker. Tombol volume dan power ada di sisi kanan. Sementara itu, selot kartu SIM terletak di samping kiri. Sensor sidik jari di bagian belakang ponsel. Prosesor delapan inti (octa core) Qualcomm Snapdragon 636 1,8 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, RAM 4 GB, dan ROM 64 GB adalah  sebagian spesifikasi lain Redmi Note 5. Saat ponsel kali pertama diaktifkan, ruang kosong di memori internal hingga pada 52,52 GB.

Fitur second space, dual apps, serta double tap to screen wake tetap dapat dilihat di ponsel itu. Ada pula kompas dan radio FM yang siarannya dapat direkam. Ponsel berdimensi fisik 158,6 x 75,4 x 8,05 milimeter dan berat 181 gram tersebut memakai sistem operasi Android 8.1 Oreo dengan user interface MIUI 9.

Kamera di sisi belakang Redmi Note 5 menggunakan lensa ganda 12 + 5 megapiksel. Kamera dengan fokus otomatis dan lampu kilat itu dilengkapi mode portrait yang layak dieksplorasi oleh penggilla foto bokeh. Sebenarnya juga ada mode manual. Jika difungsikan sebagai perekam video, kamera tersebut dapat menghasilkan klip video full HD 1080p.

Beralih ke kamera depan. Kamera berlensa tunggal itu disematkan lampu kilat dan mode portrait. Kemampuan maksimalnya menghasilkan foto beresolusi 13 megapiksel serta klip video full HD 1080p.

Lalu, performa kamera Redmi Note 5 tergolong spesial di kelasnya. Ia dapat menangkap detail objek dengan baik. Efek bokeh yang dihasilkan tergolong rapi serta hampir selalu sesuai. Dipakai untuk memotret di lokasi berpencahayaan kurang terang pun ia masih dapat memproduksi gambar dengan relatif baik.

Sebelum ada yang bertanya, kami beritahu lebih dulu: performa kamera Redmi Note 5 lebih bagus daripada Asus Zenfone Max Pro M1, Zenfone 5Q, Xiaomi Redmi 5 Plus, Mi A1, serta Vivo V9. Kamera ponsel itu baru akan keok  jika minimal dihadapkan dengan Zenfone 5 yang harga ritel resmi pertamanya menyentuh angka Rp4,399 juta.

Selanjutnya, dapat juga dual SIM 4G-4G digunakan bersamaan. Penjelasannya singkatnya begini. Redmi Note 5 menganut dual SIM hybrid. Pengguna wajib memilih ingin menyelipkan dua nano SIM atau satu nano SIM dan kartu microSD. Misalkan saja pengguna memasangkan dua kartu SIM. Keduanya dapat digunakan bersamaan.

Masalah baterai, daya tahan baterainya cukup mumpuni. Dengan perilaku pemakaian wajar, baterai tanam 4.000 mAh di Redmi Note 5 minimal bertahan sampai 16 jam. Jika intensitas pemakaian kebetulan tak setinggi biasanya, ponsel sanggup siaga lebih dari satu hari satu malam.

Lalu yang terakhir, ini sekadar usulan bagi pihakXiaomi. Tambahkan konektivitas NFC di ponsel-ponsel keluaran baru yang harga ritel resminya dipasang mulai Rp2,5 juta. Jika itu dilakukan, jumlah pembeli potensial pasti bertambah signifikan. Karena, terutama di kota-kota besar, keperluan atas NFC terus bertambah.

mastekno.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *